Berikut ini adalah bagai mana cara kita stel klep untuk
mobil 4silinder .yang ingin saya bagikan pada artikel ini untuk mobil disel
atau mitsubishi.
Cara stel klep
1. Persiapkan peralatan perang... (ups salah), maksudnya
adalah peralatan untuk penyetelan klep. Feeler Gauge (biasa disebut puler),
kunci 12mm dan obeng (- dan +)
2. Buka tutup (cover) klep menggunakan kunsi 12mm.
3. Putar poly sampai pada TMA, bisa kita lihat angka 1I4
pada poly kruk as, posisikan jarum penunjuk barada pada angka 0 (derajat),
berbeda dengan posisi untuk menurunkan pompa injeksi. Sobat telah mendapatkan
mesin dalam keadaan top (1 atau 4), putar lagi 1 putaran penuh (360 derajat)
untuk mendapatkan top yang satunya.
4. Ada 2 Top pada mesin, yaitu Top 1 dan Top 4. Kedua top
ini yang menentukan klep yang mana atau nomer berapa yang harus distel.
Top 1 : Klep nomer
1,2,3 dan 6 (silinder pertama hisap dan buang, silinder kedua hisap dan
silinder ketiga buang)
Top 4 : Klep nomer
4,5,7 dan 8 (silinder kedua buang, silinder ketiga hisap, silinder keempat
hisap dan buang)
5. Stel klep menggunakan kunci 12mm (untuk mengendurkan mur
kancing baut setelan), obeng dan feeler gauge (untuk menyetel ukuran klep).
Jangan lupa kencangkan kembali mur 12mm pada baut setelan klep.
Langkah ini juga bisa dilakukan pada mobil Mitsubishi
Canter, dan keduanya pun menggunakan ukuran celah yang sama yaitu 40 rata (in
dan ex). Beberapa varian Colt Diesel menggunakan baut stelan dengan obeng pipih
(-) serta sebagian besar lainnya telah menggunakan obeng plus (+).
Berikut ini gambar dexsel dan cara membacanya
Ada cara untuk menentukan klep mana yang dapat kita stel
menurut posisi nya:
1.untuk top 1 pada
silinder satu (yang disetel klep l in dan ex) silinder ll (yang disetel
in saja)silinder lll (yan disetel ex saja)
2.untuk top 4 pada silinder ll (yang disetel klep ex
saja)silinder lll(yang disetel in
saja)silinder lv(yang disetel in dan ex)
Bisa dilihat, dari tabel diatas didapatkan klep mana yang
harus distel, pada Top 1 adalah Silinder 1 in dan ex, silinder 2 in dan
silinder 3 ex. Pada Top 4 adalah silinder 2 ex, silinder 3 in dan silinder 4 in
dan ex.
Itulah langkah-langkah penyetelan klep 4 silinder (colt
diesel) beserta trik untuk menemukan klep yang harus distel menurut top masing-masing,
saya harap sobat-sobat saya dapat mengerti dengan apa yang saya paparkan
diatas.
Tak lupa terima kasih atas pencerahannya tentang bagaimana rumus
membaca untuk penyetelan klep. Semoga
postingan tentang cara stel klep Colt Diesel ini dapat memberikan manfaat bagi
sobat-sobat sekalian
Salam Pintar...
Artikel keren lainnya:
sama ajaka stel klepx mobil Colt Ts120
BalasHapusBacot
BalasHapusUkuran klep double cabin triton gls 2,5 turbo brp om?
BalasHapusIn 10 ex 15
HapusIn 10 ,ex 15
HapusKalau hino apa sama cara stel klep nya
BalasHapusP Stel klep yg salah,bs mempengaruhi suhu mesin?
BalasHapusCelah klep komatsu pc 45 brp
BalasHapusUkuran klep double cabin strada triton 2,8 berapa ya om?
BalasHapusukuran celah katup all new triton berapa om
BalasHapusSharing om..klo mo tambah tenaga hino cukup d bospom pa valve jg d adjust
BalasHapusDua*nya gan, steel bospom sama valve clearance nya
HapusUkuran klep untuk Panther turbo brapa om
BalasHapus