Penyebab Oli Mesin Tercampur Solar
Apa kabar
sahabat blogger kali ini saya yang selalu semangat untuk belajar dan mencari
tahu, postingan kali ini saya ingin berbagi tentang beberapa penyebab oli mesin
tercampur solar. Karena hal ini meskipun tak sering tapi tak bisa dibilang
jarang terjadi.
Ada beberapa hal bisa menjadi penyebab
terjadinya kasus ini. dan jika tidak segera ditangani maka hasilnya sudah bisa
diprediksi. Kerusakan pada komponen mesin itu sudah pasti dikarenakan oli yang
telah tercampur oleh solar menjadi berkurang sifat pelumasnya, sehingga gesekan
antara komponen-komponen mesin (bahannya dari besi lho sob...) tanpa pelumasan
akan mengikis semua komponen tersebut.
Karena bahan
bakar solar adalah hal yang berkaitan dengan kerja Pompa Injeksi, maka kita
hanya perlu mencari penyebab-penyebabnya dari komponen-komponen dalam sistem
kerja Pompa Injeksi itu sendiri.
Langsung
saja kita ke TKP
1. Pompa Injeksi VE/Distributor
Pada pompa
injeksi tipe ini, kita cukup memeriksa 2 bagian yaitu Nosel dan Seal pada
As/Shaft Drive.
Nosel...
solar bisa bercampur dengan oli apabila nosel tidak bisa mengabutkan bahan
bakar dengan sempurna, Yang paling sering terjadi adalah hilangnya tekanan pada
nosel sehingga solar mentah tidak terbakar lalu masuk ke dalam mesin melalui
celah antara ring piston dan liner.
nosel
kehilangan tekanan bisa dikarenakan adanya retakan atau bahkan pecah (gompel)
pada bagian ujung nosel. Bisa juga karena ujung nosel yang sudah cekung terlalu
dalam (tipe indirect injection).
Seal
As/shaft drive... karena seal inilah yang menjaga agar bahan bakar di dalam
pompa injeksi tetap dalam keadaan padat dan tidak menyeberang ke area mesin
(gigi timer).
Jika seal
ini rusak atau keras (mati) maka tidak akan bisa menahan sehingga bahan bakar
di dalam pompa injeksi bisa dengan mudah masuk ke dalam mesin melewati celah
antara as dengan seal (yang mati).
2. Pompa injeksi In Line
Pada pompa
injeksi tipe ini, solar bisa masuk ke dalam mesin dan bercampur dengan oli
karena 3 hal, nosel, feed pump dan plunger.
Nosel...
persis seperti yang saya jelaskan diatas.
Feed pump adalah: pada alat ini terdapat
piston didalamnya yang terus bekerja menghisap dan mendorong bahan bakar,
ketika piston mengalami keausan akibat gesekan yang terus menerus maka bahan
bakar akan melewati bagian yang cacat/aus dan masuk ke dalam pompa injeksi
tepat di area noken as/camshaft.
Plunger adalah: Solar dapat melewati
silinder plunger dan masuk ke area dimana spring plunger dan control sleeve
berada jika pemasangan plunger tidak tepat/kurang bersih sehingga ada sisa
kotoran yang mengganjal silinder.
Selain
faktor pemasangan, bisa juga disebabkan oleh silinder plunger yang sudah tidak
rata dan solusinya adalah melakukan penggantian pada plunger.
Ok
terimakasih, sepertinya sudah cukup penjelasan dari saya tentang penyebab oli
tercampur bahan bakar pada mesin diesel. Semoga dapat memberikan manfaat dan
jangan ragu untuk saling berbagi.
Artikel keren lainnya:
injektor tidak bisa mengabutkan solar dan menetes diatas piston.kenapa bisa masuk kedalam mesin ? kan udah ada ring piston !!!
BalasHapusBisa jd ring piston sdh aus
HapusKalo ring piston aus atau ada yg patah, otomatis keluar asap putih dari ex manifold, dan oli mesin susut dikarenakan ikut terbakar.
HapusKalaupun injektornya udh menetes, otomatis juga solar ikut terbakar.
Yg saya ingin tanyakan, dimana penyebab minyak bisa berada di dalam carter oli.
Mohon solusinya,
Thanks min...
Ini solar dan bebsin nyembur lewat blakang keluaran hawa panas itu.
BalasHapusApa y sob
bos.saya mau tanya .
BalasHapusbrp ukuran klep ford ranger thn 2005.
untuk in dan ex nya.TQ
Saya mau nanya kok mesin Dongfeng saya tetap olinya tercampur solar walaupun bospamnya berapa kali diganti
BalasHapusCek ring piston
HapusGanti liner
HapusBoskuuuu... Yanmar TF 85 kenapa bisa oli masih bisa campur dgn solar bos....
BalasHapusSatu lagi apa penyebabnya ujung nozel pada hitam bang.
BalasHapusMohon tanya gan,kenapa mesin disel kubota saya ,solar selalu bercampur dengan oli dan durasinya sangan cepat ( 6 jam penuh ),padahal bospom sudah diganti,dan keluar asap putih.terima kasih
BalasHapusbos saya mau nanya, buldoser saya tipe D3K CAT, oprator saya megisi solar pada tangki hidroulit,setelah itu dia kerja stenga jam kemudian buldosernya mati
BalasHapusBos mau tanya. Oli mesin sebanyak 600ml tercampur dengan solar dalam tengok. Masalah tidak ya
BalasHapusTaft kebo saya pernah kuganti sendiri feed pump nya, skalian bersihkan bongkar rumahnya(nama apa ya?) dan mesin normal hidup.
BalasHapus2 bln berikutnya, mesin ga idup gejala masuk angin dan ketika sy bongkar rumahnya pompa, banyak mengalir seperti solar tapi pekat. Napa ya, normalkah mas?
Maap awam��
Mau nanya ini mesi merek MTU 12V2000G65 solarnya nembus ke karter padah sudah saya ganti o sealnya,kira2 masalahnya d mana bang mohon petunjuknya
BalasHapusBoleh enggak bos membersihkan oli mesin pakai solar
BalasHapusGapapapa bos, yg pnting nnti di bersihkan sisa solarnya di lap di kompresor sampai sekiranya kering
HapusBos saya mau tanya. Mesin saya cat 3412 carter oli tercampur oli. Mohon solusinya senior
BalasHapusTercampur solar oli di carter caksudnya
BalasHapusTnya oli mesin campur solar smpai oli penuh sama solar
BalasHapusAslmkm mau nanya ni bosch pump sdh di service om,tapi kok msh masuk ya solar ke oli,mesin hidup normal,tidak berasap,o iya ini mesin perkins 3 cylinder untuk suplai solar pakai pompa elektrik,dalam 1setengah jam solar bercampur ke oli sampai 1setengah ltr om darimana ya penyebabnya
BalasHapusMaksudnya mesin hidup dalam 1setengah jam,solar nambah +-1setengah ltr juga mohon infonya om
BalasHapusMau nanya..penyebab solar bisa masuk ke dalam carter mesin ford ranger 2.2
BalasHapusMohon penjelasannya makasihh..
Mw Tanya Bang
BalasHapusUntuk Mesin Generator Tipe Yanmar S 165 L-DN
Oli Carter BerCampur Solar Sdh di lakukan :
1.Injector Sdh di Test Pressure
2. Fuel Feed Pump sdh Ganti Baru
3. Nozzle Sdh Ganti Baru
Tetapi msih Campur Solar oli bang