Nozzle dan fungsinya
Sobat
Blogger untuk kali inisa ya akan membagikan tentang pengertian dari nozzle.karena
sebagai salah satu komponen dalam sistem pembakaran, khususnya berbahan bakar
solar. Nosel atau yang dikenal juga dengan nama injector memiliki peran yang
penting pada hasil akhir pembakaran. Ibarat penyerang atau ujung tombak pada
permainan sepakbola.
Berawal dari
bahan bakar yang dipompa dari tangki melewati filter bahan bakar bersendimenter
untuk memisahkan air dari solar, menuju filter kedua yang menyaring kotoran
dalam bahan bakar sebelum masuk ke dalam Pompa Injeksi atau Injection Pump.
Kemudian
dipompa dengan tekanan tinggi oleh Plunger / Rotor Head dengan dibantu oleh
Delivery Valve untuk menjaga bahan bakar bertekanan tinggi dalam selang nosel
tetap padat. Hingga akhirnya menujuj Nosel yang menyemprotkan bahan bakar dalam
bentuk kabut halus sehingga mudah untuk dibakar oleh kompresi dalam ruang bakar
mesin.
Bagaimana
seandainya Nosel dalam keadaan rusak dan tidak bisa mengabutkan bahan bakar.akibatnya
adalah pembakaran menjadi tidak sempurna atau mentah, yang berdampak pada
menurunnya performa mesin, proses menghidupkan mesin menjadi lebih susah dari
seharusnya dan asap pembakaran pada knalpot menjadi berwarna putih serta
pedas/pedih di mata.
1. Nosel
untuk Pompa Injeksi In Direct Injection
Nosel untuk
tipe ini sering kita jumpai berbentuk datar pada bagian ujung Noselnya, dengan
hanya memiliki satu (1) lobang penyemprot.
Nozzle
Injector
Segera
lakukan penggantian saat sobat menemukan nosel dalam keadaan..:
-Tidak bisa
mengabutkan bahan bakar dengan baik (ngencing/netes), apalagi jika pada bagian
ujung nosel telah cekung.
- Jarum
Nosel macet, hindari usaha untuk mengakalinya karena kemacetan pada jarum akan
kambuh lagi tanpa menunggu waktu lama (sering terjadi pada Nosel Panther 2,3,
Chevrolet LUV dan Trooper).
2. Nosel
untuk Pompa Injeksi tipe Direct Injection.
Rata-rata
Nosel tipe ini berbentuk lancip pada bagian ujung Nosel dengan lobang
penyemprot yang bervariasi, 4 lobang, 5 lobang hingga 6 lobang.
Nozzle
Direct Injection
Kapan Nosel
sebaiknya dilakukan penggantian?
- Nosel
ngencing / menetes
- Terjadi
penyumbatab / kebuntuan pada lobang penyemprot
- Terjadi
kemacetan pada jarum Nosel
- Nosel
retak / pecah (gompel) pada bagian ujung (biasa terjadi pada Fuso FM, Fighter,
Hino Ranger dan sejenisnya)
Penyetelan
Nosel
Secara garis
besar, Nosel terbagi menjadi 2 cara dalam segi penyetelan
1. Dengan
menambahkan / mengurangi shim (washer adjuster) pada pegas penekan
2. Dengan
memutar baut setelan (sekrup pengatur) yang terdapat di belakang / pangkal
Nosel
Diagnosa
kerusakan pada Nosel
1. Jika
jarum Nosel macet, akan menimbulkan suara nglatak yang keras menyerupai suara
metal. semakin digas suara yang ditimbulkan akan semakin keras.
2. Jika
Nosel ngencing / menetes akan menimbulkan asap putih yang pedas pada saat mesin
masih dingin (pagi hari), terkadang proses hidup menjadi agak susah.
3. Jika
Nosel retak / pecah, akan mengakibatkan kepincangan pada suara mesin (mbrebet)
yang disertai asap putih terus menerus.
Trik saya...
-Saya sering
melakukan penggantian Nosel dengan nosel yang memiliki lobang penyemprot lebih
banyak, conntoh Nosel Rhino saya ganti dengan Nosel Colt Diesel PS.
-Untuk
penyetelan Nosel Fuso Built Up, lepaskan/buang terlebih dahulu ring penahan
pada spindle. Karena ring ini membatasi tekanan nosel pada tekanan tertentu.
Mungkin saya
cukupkan sampai disini dulu tentang Nosel, semoga ada manfaat yang bisa diambil
dari artikel ini.
Artikelnya mantap sob....
BalasHapusBerapa ukuran baut head,metal jalan, metal duduk mitsubishi ps 120 ?
BalasHapusPada ps 100 saya stasionernya ga mau kecil bila di kecilin akan akan bablas kekecilan dab mati, minta saranya suhu?
BalasHapusplunger dan delivery valve harus ganti...setahu saya
HapusNo comment
BalasHapusSaya cari nozzle ps 100 fe
BalasHapusTapi sangat sulit di temukan
Mohon imfonya....makasih
bentuknya sama dengan nozzle diesel dongfeng
Hapusnice information min
BalasHapusSolder uap portable