Menurunkan
injeksi colt diesel PS100/120
Trik menurunkan injeksi PS
Sobat
Blogger,kali ini saya akn membagikan bagaiman cara menurunkan dan memasang
injeksi pump/bos pom.tanpa membokar tutup gigi gear timing dan radiator?
Kalau saya perhatikan, memang tak
banyak bengkel-bengkel mesin yang mengerti dengan cara yang lazim digunakan
oleh kebanyakan bengkel injection pump/ bos pom. Selain menghemat waktu, sudah
sangat bisa dipastikan menghemat juga di sisi tenaga karena kita tak perlu membongkar
banyak komponen untuk bisa melepaskan injeksi dari mesin.
OK deh, nggak perlu panjang lebar
lagi...Simak baik-baik ya...
Persiapan 1 adalah kunci-kuncinya:
1.Ada kunci inggris (yang besar
kalau ada)
2.Kunci ringpas 10,12,14,dan 17
3.Kunci shock 12,14 dan 22
4.Obeng pipih (-)
5.Tang
6.kunci palang/T 10
7.Terakhir martabak 2 loyang (Just
Kidding)
> Alas untuk kita ngolong /
mengerjakan beberapa bagian di kolong mobil
> Tampang senyum yang manis
hehehe... (jangan kerja sambil cemberut)
Sekarang kita langsung ke langkah
pengerjaannya...
Pertama kita ngolong bagian depan,
putar poli kruk as dengan kunci inggris ke posisi Top1 (bukan Top2 ya), mungkin
sebagian belum paham dimana Top1 dan 2.
Kita lihat gambar di bawah ini
Kita putar sampai kita lihat angka
1I4, bukan yang 2I3. Setelah angka 1I4 ada angka 0 dan garis-garis sampai angka
20. Di antara mesin dan poli kruk as ada jarum kecil, kita putar poli sampai
angka 0 tepat di depan jarum.
Jika sudah coba cek klep no 1 dan 2,
caranya buka tutup cover klep (tempat biasa kita mengisi oli mesin), goyang
dengan obeng pipih, jika pelatuk klep 1 dan 2 bisa bergerak bebas berarti sudah
tepat di top 1, jika masih ada yang tidak bergerak putar poli sekali lagi ke
titik 0 di angka 1I4, pasti pas.
Apakah injeksi sudah bisa dilepas?
BELUM. Lohhh!!!
Kan baru Top1, derajat injeksi
belum, jika sudah menemukan Top1 kita putar sedikit hingga jarum menunjuk pada
garis 16-18 derajat (2 atau 3 garis sebelum angka 20). Itu baru SIP....
Urusan Top injeksi sudah beres,
sekarang kita gunakan kunci 17 untuk melepas selang nosel, kunci 10 untuk
melepas colokan oli dan klem2 selang serta plat dudukan seling choke dan gas.
Gunakan kunci shock 22 untuk melepas
semua baut nepel minyak, di pompa dan injeksi, lepas selang oli dengan kunci 14
dan 17. Ada yang harus ngolong lewat belakang juga ya.
Sekarang buka plat dudukan injeksi
di bagian belakang dengan kunci 14, pastikan semua menempel pada injeksi dan
menutupi injeksi sudah dilepaskan, mulai dari selang, seling, baut nepel maupun
plat dudukan.
Sekarang tahap terakhir, yaitu
melepaskan injeksi dari mesin. Gunakan kunci shock 12 untuk melepas 5 buah baut
yang mengikat injeksi ke tutup gigi timer.
JANGAN DILEPASKAN DULU
INJEKSINYA!!!!
Loh, kenapa???!!!!
Ini adalah tahapan yang terpenting,
harus teliti!!!
Di cover Timer Injeksi (Cover yang
ada garis untuk penyetelan derajat timing) bagian depan/sebelum gigi timer ada
tanda dengan panah di tengah nya, goyang bagian belakang injeksi ke arah mesin,
ingga sedikit terlihat gigi timernya.
Perhatikan pada gambar, ada coakan
di salah satu mata gigi timer, dan hanya ada 1 mata diantara semua mata gigi.
Pastikan coakan tersebut tepat di jarum pada cover saat bagian belakang injeksi
dimiringkan kedalam. Dan ketika Injeksi dicabut, dengan perlahan mata gigi akan
berputar naik hingga coakan tersebut tepat disisi atas kotak dimana tanda panah
berada.
Jika anda berhasil seperti yang saya
gambarkan maka anda telah bisa melepaskan injeksi tanpa harus membongkar tutup
gigi timer depan dan radiator.
Semoga Sukses!!!
Terimakasih min saya sudah coba bongkar pasang jos bagus
BalasHapusMisi pak ay mau naya.. Sy habis ganti ring seher sm gigiteming karna gigi teming ya udah aus.. Ko pas di hidupin gk hidup yah aaap ajh keluar dari kenlapot hidup ngk.. Apa ya mas maaalah dmn? Tolong pencerahnbya mas
BalasHapusBos mau nanya ni injeksi ps 100 ama ps 120 sepakaian gk atau bisa gk saling menukar
BalasHapusNmpng tnya bos !
BalasHapusKnpa aku masang injeksi selalu top 1 gk msalah y , klo slh skit aja ud ngebul asapnya , tpi ini artikelnya Uda nemu top 1 masih top injeksi lagi ?
Macam mana kaya bngung nich ?
Hatur nuhun kang infona.
BalasHapusSemoga bermanfaat bagi banyak orang.
Terimakasih
Min sya mau tanya kalau Bospom nya sentak"
BalasHapusTes
BalasHapusBerarti yang punya saya kemari salah di derajat nya mas bro derajat nya di garis angka 0 1-4 mobil Nya bisa hidup setelah hidup asapnya putih ngebul di kenalpot nya mohon bantuannya informasi terimakasih
BalasHapus