Cara menganti per daun untuk Mitsubishi
PS120/100
OKE salam
jumpa para sahabat otomotif diesel.Untuk kali ini saya akan membagikan sedikit
info tentang bagaimana menganti per(pegas) daun pada Mitsubishi PS120/100.Karena
sesuai dengan fungsinya per ini berguna untuk menahan beban dari muatan mobil
kita.Karena kalau sampai patah maka akan fatal akibatnya.Coba bayangkan kalau
patah per pas waktu muatan maka apa yang terjadi.Anda bayangkan sendiri jon…..
A.Gangguan yang dialami
1.Kendaraan
akan bergoyang dan pantulannya tidak enak.
Penyababnya :
~Peredam
kejut patah
~Mur pengikat baut begol (U) kurang kencang
2.Kendaraan
tidak nyaman waktu dikendarai
Penyebabnya:
~Pegas daun patah
~Peredam
kejut lepas atau patah
Cara mengatasi:
~Ganti pegas
daun yang patah
~Jika
peredam kejut lepas pasang kembali dan jika patah harus ganti
B.Periksa
dahulu
Sebelum
melakukan perbaikan,pastikan dahulu penyebab dari kerusakan itu.Tempatkan kendaraan diposisi yang
rata dan lapang ,karena kita mau masuk kedalam kolong mobil.Dan ternyata pernya
patah.Mari kita siapkan alatnya.
C.Alat dan bahan
1.Kunci
pas(1set)
2.Kunci
ring(1set)
3.Kunci
inggris
4.Kunci
shock(1set)
5.Obeng (+)
dan (-)besar
6.Palu bessr
dan kecil
7.Katrol
(takel)
8.Tang jepit
dan biasa
9.Dongkrak
D.Proses kerja
1. Langkah
keamanan
~ Carilah
tempat yang rata dan bersih
~ Siapkan
alat-alat yang dibutuhkan
~ Pakailah
wearpack
2.Pembongkaran/melepas
shock absorber belakang
~ Dongkrak
kendaraan
~ Lepas mur
mounting bawah
~ Leaskan
mur mounting atas kemudian lepaskan shock absorbernya
3.Melepas
pegas daun
~ Angkat
kendaraan (dongkrak) dengan menggunakan shald rigid untuk menopang body
kendaraan
Catatan : Janagan menggantungkan axle housing dengan menggunakan brake house atau pipa selang rem hal tersebut
akan mengakibatkan kerusakan pada house dan pipa. Gunakan stand untuk menompang
axle housing.
~ Lepaskan
roda belakang dan clamp kabel rem tangan
~ Lepaskan
baud dan mur U
~ Lepaskan
mur dan pin chasis
~ Lepaskan
mur baud depan leaf spring dan lepaskan spring Melepas suspensi belakang
E. Pemeriksaan Suspensi Jenis Pegas Daun
1.Periksa
shock absorber belakang dari :
Periksa dari kemungkinan aus dan kerusakan
~ Periksa
busing-busing dari keruskan dan aus
~ Periksa
dari kebocoran oli
~ Bila ada
kelainan dari komponen yang diperiksa maka gantilah segera
2.Periksa
daun bump stopper
Periksa dari
kemungkinan kerusakan atau patah, jika terdapat kelainan maka gantilah segera
lalu periksa bump stopper dari posisinya, bila tidak sesuai dengan ketentuan
maka gantilah segera.
3.Periksa
bush per daun
Periksa dari
kerusakan atau aus, bila ada kerusakan gantilah
F. Pemasangan Suspensi Jenis Pegas
Daun
1.
Pemasangan shock absorber
Langkah pemasangan shock absorber :
~ Pasang
shock absorber
~ Kencangkan
murnya sesuai dengan spesifikasi · 2.2-3.5 Kg/m · 3.5-5.5 Kg/m c) Turunkan
kendaraan Pemasangan pegas
Catatan : Leaf spring kiri dan kanan dibuat
tidak sama untuk prosedur pemasanganya pakailah baud rubber slippada spring
yang terpasang dari arah dalam ke arah luar krndaraan.
Bersihkan
pin brush dengan air/sabun. Jangan memberikan oli pada brush
~ Pasang baud leaf spring dari arah luar
kendaraan kea rah dalam
~ Pasang
knuckle pin dari tengah ke luar kendaraan
~ Pasang
baud dan mur U pada lubang dudukan spring dengan benar, kemudian kencangkan
sesuai dengan spesifikasinya “a” : 8.0-1.0 kg/m
~ Kencangkan
mur-mur pin dan mur spring depan sesuai dengan spesifikasinya. Momen
pengencangan : “a” : 8.0-10.0 kg/cm “b” : 4.0-5.0 kg/cm
~ Pasang
kabel remt tangan dan clam dengan baik
Oke demikian
artikel tentang bagai mana cara menganti per daun dan shock breker yang
rusak.Semoga arikel ini bermanfaat untuk para pecinta otomotif diesel khususnya
Mitsubishi PS120/100.
Sangat membantu sekali bang
BalasHapusKeren gan
BalasHapusPer daun standar berapa biji yha?
BalasHapusuntuk spesifikasi per daun pas 120 adakah
BalasHapus