Gejala mesin minta di overhaul
Banyak dari kita para pemilik kendaran bermotor khususnya
mobil berbahan bakar solar atau mesin diesel tidak mengetahui kalau kendaraan
kita sedang ada problem.kali ini saya akan membagikan tips untuk mengetahui
penybebab kendaraan kita minta di overhaul.
Gejala yang dapat dirasakan biasanya ‘’turunnya kompresi’’,ini
dapat menyababkan tenaga mesin berkurang
dan di ikuti dengan asap knalpot yang terasa perih di mata. Atau pada mesin
diesel ,umumnya di tambah warna asap yang pekat. Kompresi Turun Masalah utama
terletak pada turunnya kompresi ruang
bakar. Perlu di ingat, kompresi adalah syarat terjadinya langkah tenaga setelah
ledakan dalam proses pembakaran mesin.
Penyebab paling umum adalah :
- penumpukan
kerak di kepala silinder. Biasanya secara reflek pengemudi akan menambah
injakan gas bila merasakan tenaga mesin loyo. Akibatnya terjadi pemborosan
bbm.
- Turunnya
kompresi juga bisa di akibatkan tumpukan kerak pada klep yang membuat
kedudukan klep di kepala silinder tak rapat.
Hal itu berakibat pada langkah kompresi, tekanan yang di
perlukan di ruang bakar
tak cukup untuk menghasilkan ledakan maksimal. Selain boros, performa mesin
akan turun signifikan. Mesin perlu di bongkar sebatas kepala silinder (top
overhaul)
Penyebab yang lebih parah adalah
Guna memperbaiki, turun mesin saja hingga kondisi jeroan
mesinnya bisa di periksa langsung. Bila tenaga ngempos dan bahan bakar boros
tapi oli mesin tak berkurang, penyakitnya kemungkinan hanya di kepala silinder.
Tapi kalau oli berkurang tanpa ada ke bocoran, berarti hilang lantaran ikut
terbakar. Ring piston adalah gelang
yang menempel di piston. Fungsinya
menjaga clearence (celah) di antara piston dan dinding silinder (liner) hingga
isi ruang bakar tak menyeberang ke dalam mesin, begitu pula
sebaliknya. Ada sepasang ring di tiap piston : kompresi (atas) dan oli (bawah).
- Bila
yang rusak ring kompresi, asap knalpotnya enggak ngebul. Tandanya bisa
terlihat di saluran napas kepala silinder (breather) yang berasap / basah
hingga mengotori filter udara yang tersambung breather.
- Tapi
kalau yang kena ring oli, asap knalpot jadi putih. Selain keausan
material, penyebab kebocoran
kompresi dari ring gara-gara kualitas oli yang jelek serta jadwal ganti
oli yang tidak tepat. Liner adalah lapisan metal pada dinding silinder yang
berinteraksi langsung dengan ring piston. Jadi selain ring piston,
liner juga ikut aus dan harus di ganti bila ganti piston. Pada mesin
canggih berbahan aluminium linernya hanya berupa coating, bukan material
keras. Jadi bila kompresi turun, ya harus ganti mesin.
Demikian tips dan saran dari saya semoga bermanfaat.
Salam pintar.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "GEJALA MESIN MINTA OVERHAUL"
Posting Komentar