Cara merawat kampas kopling dan cover
clutch
Salam jumpa
kembali para sahabat otomotif.Untuk kali ini saya akan membagiakan sedikit tips
tentang bagaimana merawat kampas kopling dan cover clutch.Sesuai dengan
fungsinya,kampas kopling dan cover clutch adalah salah satu komponen yang
berfungsi sebagai pengerak dan lajunya kendaraan kita.Karena kampas ini dapat
habis dengan sendirinya,itu diakibatkan adanya gesekan antara cover clutch dan
flee well.Maka dari itu kita harus teliti dengan yang satu ini.
Berikut ini
cara bagaimana agar kampas/plat kopling menjadi lebih awet/umur pakainya lebih
lama:
1.Biasakan
gigi persneleng selalu dalam posisi netral pada waktu berhenti
2.Biasakan
mengganti seal as krek bagian belakang dengan kualitas yang baik,untuk mencegah
terjadinya kebocoran oli,yang akan mengakibatkan slip kopling.
3.Jangan
dibiasakan mengunakan setengah kopling waktu macet ataupun jalan menanjak.Lebih
baik gunakan rem atau hand rem untuk menahan mobil agar tidak mundur.
4.Pilihlah
Oli yang berkualitas serta rajin menggantinya secara berkala
5.Pada waktu
ngoper persneleng (RPM) diturunkan.
6.Master
kopling atas dan bawah harus dalam kondisi baik/tidak bocor.Kalau master kit
kopling telat baliknya maka akan selalu menekan plat kopling,Sehingga kampas
kopling cepat habis.
7.Part
kopling set (plat kopling,matahari/dekrup/drek laher dan laher flywheel)sewaktu
penggantian,gantilah yang berkualitas.
Permasalahan pada kopling
1.Pedal
kopling berat/keras
2.Pedal
kopling getar
3.Pedal
kopling macet
4.Minyak
kopling selalu kurang
5.Kopling
bersuara
6.Mobil
kurang tenaga
Cara mengatasi masalah kopling dan
penyebabnya
1.Pedal
kopling berat:dekup/matahari sudah aus(ganti/stel dekrup)
2.Pedal
kopling bergetar:permasalahn ini sama dengan kopling berat.Dekrup /matahari aus.
3.Pedal
kopling macet:master kopling tidak kembali bisa juga kopling masuk angin.
4.Minyak
kopling selalu kurang:terjadi kebocoran pada master atas atupun bawah.
5.Kopling
bersuara:laher /bearing flywheel (roda gila) aus.Bisa juga per plat kopling
longgar.
6.Mobil
kurang tenaga:plat kopling sudah tipis
(ganti)
Sekian
artikel dari saya semoga bermanfaat untuk para pecinta otomotif mesin
mobil.Terimakasih
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Tips merawat kampas kopling dan cover clutch pada mitsubishi PS120/100"
Posting Komentar